Penyebab Rambut Rontok

Penyebab rambut rontok. Anda yang sedang mengalami kerontokan rambut tentu ingin mengetahui apa yang menyebakan rambut rontok? faktor utama penyebab kerontokan rambut? berikut ini kami sajikan artikel tentang beberapa penyebab rabut rontok.

1. Rambut rontok karena perubahan hormon.
Perubahan atau ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan kerontokan rambut sementara. Ini bisa disebabkan kehamilan, melahirkan, berhenti menggunakan pil KB, mengalami menopause atau terlalu aktif atau kurang aktifnya kelenjar tiroid. Kerontokan rambut mungkin terlambat pada tiga bulan saat perubahan hormon, dan akan membutuhkan waktu tiga bulan kemudian untuk rambut baru tumbuh kembali.

2. Faktor Keturunan
Faktor keturunan merupakan faktor yang mungkin tidak bisa diakalin lagi. Kerontokan rambut akibat dari garis keturunan, bisa diperoleh dari ayah atau ibu atau bahkan keduanya yang akan kamu warisi selanjutnya. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan cara memperlambat proses kebotakan itu sendiri dengan menghindari 8 point yang sudah dipaparkan diatas.

3. Gigi Berlubang
Jangan abaikan jika gigi kamu berlubang. Setiap bagian-bagian tubuh punya syaraf yang terhubung ke bagian-bagian tubuh lainnya. Meskipun gigi berlubang tidak sakit, tetapi usahakan untuk mencabutnya karena menyebabkan masalah pada organ tubuh. Efek dari gigi berlubang memang berdampak pada organ lain dalam waktu jangka panjang. Perlu diketahui, gigi berlubang juga memicu kerontokan rambut dan yang paling para bisa menyebabkan kebotakan karena bisa menghambat pertumbuhan rambut baru sebab sel-sel itu disalurkan untuk membantuk gigi melawan infeksi.

5. Stres
Meskipun stres bersifat kejiwaan, tapi anehnya kondisi tersebut bisa mendampak buruk pada kondisi jasmani. Beban pikiran berlebihan merupakan pemicu stres. Kondisi kejiwaan tersebut berhubungan erat dengan kondisi fisik. Ketika stres melanda bukan saja pikiran yang merasa letih, tubuh juga akan merasakan hal yang sama. Saat keadaan itu datang, sebagian anggota tubuh akan merasakan dampaknya. Salah satunya adalah hormon pada rambut jadi tidak berfungsi. Pada saat itu tidak akan ada produksi rambut baru sehingga ketika rambut rontok, tidak ada rambut baru yang menggantikannya.

6. Program diet berlebihan
Tubuh indah ideal merupakan impian setiap wanita. Tidak gemuk namun juga tidak terlalu kurus. Tidak masalah jika anda terlalu kurus karena mengatasinya cukup mengkonsumsi makanan sehat bernutrisi. Tetapi untuk yang gemuk, cara paling umum mengatasinya ialah dengan diet. Tetapi perlu Anda tau bahwa program diet berlebihan untuk merampingkan tubuh ternyata tidak baik untuk kesehatan juga berdampak buruk bagi kesehatan rambut karena pola makan jadi terganggu. Padahal rambut membutuhkan nutrisi untuk tumbuh kembangnya. Kekurangan nutrisi pada rambut justru malah membuat rambut jadi gambang rontok.

7.  Rambut rontok karena perawatan rambut.
Penggunaan bahan kimia untuk mewarnai, mengecat, memutihkan, meluruskan atau membuat rambut bergelombang secara permanen dapat menyebabkan rambut menjadi rusak jika hal-hal tersebut berlebihan atau tidak benar pengerjaannya. Penataan yang berlebihan dan menyikat rambut secara berlebihan juga dapat menyebabkan rambut rontok jika batang rambut menjadi rusak.

8. Rambut rontok karena penyakit.
Diabetes dan lupus dapat menyebabkan kerontokan pada rambut.

9. Rambut rontok karena pengobatan medis.
Obat-obatan tertentu yang digunakan untuk mengobati penyakit encok, radang sendi, depresi, masalah jantung dan tekanan darah tinggi menyebabkan kerontokan rambut pada beberapa orang. Menggunakan pil KB juga dapat menyebabkan kerontokan rambut pada beberapa wanita.

10. Infeksi pada kulit kepala dapat menyebabkan rambut rontok.
Infeksi, seperti kurap, dapat menyerang rambut dan kulit kepala, yang membuat rambut rontok. Sekali infeksi diobati, rambut umumnya akan kembali tumbuh. Kurap yang adalah infeksi jamur, biasanya dapat diobati dengan perawatan medis anti jamur.

11. Bahan kimia buatan
Zaman sekarang ini banyak style rambut masa kini yang bisa membuat rambut menjadi indah. Sayangnya style rambut yang indah dan keren itu membutuhkan bahan-bahan kosmetik rambut yang mengandung bahan-bahan kimia buatan agar supaya rambut mudah untuk dibentuk menjadi berbagai variasi bentuk-bentuk menarik. Sayangnya, penggunaan bahan-bahan kimia secara rutin ternyata berdampak pada kesehatan rambut karena bisa menyebabkan rambut menjadi rapuh dan gampang rontok.

12. Kekurangan kalori dan nutrisi
Biasanya wanita sering melakukan diet atau melangsingkan badan, namun terdapat efek samping pada terjadinya kekurangan protein, kalori dan nutri rambut, sehingga rambut jadi tidak sehat, lemah dan pada akhirnya rontok, solusinya coba konsumsi makanan yang seimbang dan bergizi tinggi.

13. Kehamilan.
Kehamilan  pada wanita memang salah satu penyebab terjadinya kerontokan rambut. Dengan asupan nutrisi dan vitamin yang tepat, maka kerontokan rambut akan hilang dengan sendirinya setelah Anda menyusui.

14.  Radikal bebas dapat membuat rambut mudah rontok.
Radikal bebas merupakan zat beracun yang dapat mempercepat proses penuaan dini. Radikal bebas umumnya berasal dari polusi dan asap-asap beracun. Akibat yang ditimbulkan oleh radikal bebas sangat banyak, contohnya kulit menjadi keriput karena otot-otot menjadi lemah, terbentuknya bintik-bintik hitam di wajah dan kulit, timbulnya berbagai macam kanker, serta rambut menjadi cepat rontok akibat dari penuaan dini. Meskipun tubuh sudah dilengkapi benteng -benteng antioksidan, tetapi jika jumlah zat-zat beracun itu banyak, otomatis tubus tidak mampu untuk menanggulanginya.

Itulah beberapa penyebab rambut rontok semoga bermanfaat. Kami jual produk perawatan rambut
Minyak Kemiri

Jika Anda tertarik dengan produk diatas dan ingin membelinya secara online SMS 088806654542/BBM 3217FFC3 untuk menanyakan info cara pemesanan produk.


0 komentar:

Poskan Komentar

Isi komentar yang mengandung unsur sara dan link spam tidak akan saya publikasikan