Cara Memperbaiki Komputer Sering Restart Sendiri

Cara memperbaiki komputer restart sendiri. Komputer terdiri dari komponen hardware (ic, transistor, kapasitor, resistor, dioda dll) dan software, jika salah satu komponen rusak maka bisa membuat kerja komputer tergangu.

Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada komputer adalah komputer restart sendiri yang pastinya bisa membuat kita jengkel terutama jika tugas belum selesai dan dokumen lupa di simpan. Berikut ini adalah beberapa penyebab komputer kadang restart sendiri:

1. Komputer sering restart karena Power Supply kekurangan atau kelebihan daya
Disinilah sumber daya untuk komputer diproses dari tegangan AC 220 Volt dirubah menjadi DC 3, 5, 12 Volt. Power Supply sering kekurangan daya terutama jika komponen kondensator yang melemah bahkan jebol. coba lakukan pengantian Power Suppy yang bagus karena demi menjaga komponen yang ada dalam motherboard.

2. Komputer sering restart karena Processor kepanasan
Beberapa penyebab Processor panas antara lain:  Logam pendingin yang kurang besar dan putaran kipas yang kurang cepat, komponen pendukung motherboard yang sudah kurang baik,  menumpuknya debu, kurangnya thermal paste karena sudah kering, kondisi ruang komputer dll.
Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengurangi panas berlebih pada Processor: Tambah thermal antara IC Processor dengan logam pendingin, ganti pendingi dengan yang lebih besar dan ganti kipas jika putaranya sudah kurang sempurna, jangan menempatkan komputer ditempat yang terlalu panas, gunakan program monitoring temperatur contohnya CPUID Hardware Monitor

3. Komputer sering restart karena VGA Card rusak
VGA adalah komponen komputer yang tugasnya memproses data untuk ditampilkan di monitor kipas yang ada dalam VGA bisa kurang cepat putaranya sehingga IC cepet panas.

4. Komputer sering restart karena RAM kotor dan  rusak
RAM juga bisa menyebabkan komputer sering restart, jika berdebu copot dan bersihkan RAM dengan bensin tapi jangan mengunakan air karena setiap komponen komputer sangat takut dengan air terutama saat dialiri arus.

5. Komputer sering restart karena Hardisk error atau bad sector
Untuk mencegah kerusakan Hardisk adalah biasakan untuk selalu menekan tombol shutdown saat mematikan  komputer, jalankan program scandisk/checkdisk dan mendefrag secara teratur.

2 komentar:

Newbe mengatakan...
16 Desember 2011 04.33

Tq info nya om...membantu bgt...
soalnya komp ku lg restat2..

jasa penerjemah tersumpah mengatakan...
16 Desember 2011 17.22

wahhh lengkap n menarik sob blognya...salam kenal n sukses selalu.thanks

Poskan Komentar

Isi komentar yang mengandung unsur sara dan link spam tidak akan saya publikasikan